Khasiat Belimbing (bahan pangan berkhasiat)

Kamis, 24 November 2011
Sebagai buah meja , buah berbentuk seperti bintang dan berasa manis ini sudah tak asing lagi. Di Indonesia yang beriklim tropis,buah dengan kandungan air sangat tinggi ini bisa dinikmati sepanjang tahun. Buah belimbing ini bisa ditemukan di mana saja ,baik di sentra buah ,supermarket sampai tukang buah di pasar tradisional . Orang amat menyukai buah ini sebagai hidangan pencuci mulut,karena juicy. Banyak juga yang memakannya sebagai campuran bahan rujak .

Khasiat
Belimbing mengandung seperti energi,protein,lemak,karbohidrat,mineral,kalsium,fosfor, zat besi, vitamin A, B1 ,C , serat dan air .Hasil riset membuktikan bila buah ini efektif sekali menurunkan kolestrol 'jahat', mencegah hepatitis (radang hati), sariawan dan sel-sel kanker dalam tubuh . Juga bagu untuk memerangi radikal bebas. Menngkatkan imunitas (kekebalan tubuh), dan mengendalikan hipertensi (darah tinggi).
Pektin yang terdapat pada dinding sel belimbing bekerja dengan mengikat kolestrol dan asam empedu untuk membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi) . Sementara serat-seratnya yang tinggi membantu melancarkan pencernaan. Karena buah ini  rendah kalori, maka cocok sekali untuk anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan.

Saran Konsumsi
Pilih buah yang berbentuk besar , warnanya semu kuning, kulit mengkilap dan rusuk buahnya penuh , jika anda ingin mendapat buah yang manis. Belimbing yang dipakai untuk rujak biasanya Belimbing muda berwarna kehijauan dengan rusuk-rusuk ramping , dan rasanya asam sepat. Setelah belimbing dipetik jangan langung dimakan, melainkan disimpan dulu 2 hari agar rasanya menjadi lebih manis lagi.








0 comments:

Posting Komentar

Flag Counters

free counters

penguins